Minggu, 07 Juni 2015

ARISAN PINTAR

Ada yang tau apa itu Arisan Pintar? Atau sudah tidak asing lagi dengan kata Arisan saja? Mungkin bagi sebagian orang dari berbagai kalangan terutama para Ibu-ibu nama arisan sendiri sudah sangat dikenal bahkan sampai ada filmnya loh.. Arisan itu sendiri dapat dijelaskan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan mengumpulkan uang pada setiap periode tertentu kemudian akan dilakukan pengundian atau biasa dikenal dengan “kocok arisan” untuk menentukan pemenangnya yang berhak mendapatkan uang yang telah dikumpulkan dari para anggota arisan tersebut. Biasanya pada beberapa kegiatan arisan itu sendiri memiliki kebiasaan dimana anggota yang memenangkan arisan wajib untuk meneggelar pertemuan untuk pengundian selanjutnya. Beberapa kalangan mungkin punya maksud dan tujuan dari mengikuti arisan itu sendiri seperti acara untuk kumpul keluarga atau teman-teman, atau beberapa orang mungkin punya alasan tersendiri kenapa mengikuti arisan seperti untuk menyimpan uang atau menabung. 

Sedikit penjelasan diatas mengenai kegiatan arisan, untuk arisan pintar itu apa? Yuk bahas tentang seputar apa itu arisan pintar dan seperti apa kegiatannya.

Ini adalah Ibu Nina sebagai ketua arisan di Komplek Puri Cirendeu Permai (PCP) yang telah menerapkan arisan pintar pada kegiatan arisan yang dijalankannya. Menurut Ibu Nina, arisan pintar merupakan kegiatan arisan yang sama seperti arisan pada umumnya yang biasa dilakukan tetapi yang yang berbeda ialah kegiatan arisan pintar tidak hanya berkumpul, makan bersama, kemudian melakukan kocok arisan kemudian selesai tetapi pada arisan pintar terdapat kegiatan tambahan yang memberikan manfaat yang positif dan edukasi atau pengetahuan baru dari diadakannya kegiatan arisan pintar. Kegiatan arisan di Komplek PCP misalnya, telah menerapkan arisan pintar pada beberapa periode terakhir. Beberapa kegiatan tambahan bermanfaat yang telah berlangsung pada arisan pintar Ibu-ibu Komplek PCP seperti mengadakan seminar mengenai kesehatan organ wanita, mendatangkan konsultan pendidikan bahasa Inggris, demo kecantikan dan tutorial hijab, dan demo memasak makanan sehat. Manfaat dari arisan pintar itu sendiri bagi Ibu-ibu yaitu mendapatkan wawasan atau pengetahuan baru yang mungkin jarang didapatkan dari kegiatan lainnya. Selain itu juga sebagai ajang sharing atau bertukar pikiran untuk menunjukkan keahlian khusus yang dimiliki para anggota arisan.

Contohnya pada arisan bulan lalu, mengusung tema Memasak makanan sehat, demo membuat muffin cokelat, crepes dengan berbagai toping dan bola-bola mie, pernah juga mengundang narasumber yang ahli dibidang parenting dan psikolog.
Untuk bulan ini, tema yang diangkat adalah 'edukasi mengenai cara menjaga kesehatan Payudara dengan Pakaian Dalam yang berkualitas dimana narasumbernya adalah dari salah satu brand pakaian dalam wanita Wacoal.

Jilly Lim, selaku Marketing Section Head mengatakan mengenai tujuan utamanya dengan datang pada kegiatan arisan-arisan yaitu untuk mendapatkan awareness brand dan untuk pengenalan produk-produk dari Luludi sebagai produk kedua dari Wacoal agar lebih dikenal oleh setiap wanita. Dalam seminar yang diadakan oleh Luludi, banyak sekali pengetahuan baru yang didapatkan seperti fakta-fakta mengenai bra dan mengetahui faktor-faktor dalam memilih bra yang baik dan benar. Sedikit uraian mengenai edukasi yang disampaikan oleh Luludi, tahukan anda ternyata terdapat beberapa fakta mengenai kesalahan wanita dan bra yang digunakannya? 
85% wanita menggunakan ukuran bra yang salah, 
80% wanita belum mengerti pentingnya memilih bra yang baik dengan ukuran yang pas sehingga nyaman pada tubuh, dan 
60% wanita menggunakan bra yang tidak sesuai dengan payudara dan tubuh. 

Beberapa fakta tadi hampir semuanya benar kan, karna selama ini para wanita terkadang mengabaikan pemilihan bra yang baik dan benar namun berdasarkan motif, bentuk, dan brand favorit namun tidak terlalu memperdulikan apakah bra yang dipilih sudah benar atau belum.

Setelah mengupas mengenai fakta-fakta kesalahanwanita dan bra yang digunakannya berikut ini faktor-faktor dalam memilih bra yang baik dan benar, diantaranya Quality atau kualitas yaitu memilih kualitas dari brand dengan kualitas yang baik akan memberikan rasa nyaman dalam menggunakan bra sehingga tidak menimbulkan efek-efek tertentu yang menyebabkan rasa tidak nyaman, Size atau ukuran bra yaitu sebaiknya dalam memilih bra selalu diukur terlebih dahulu agar sesuai dengan bentuk tubuh karena size bra yang terlalu besar dapat membuat payudara menjadi turun sebaliknya bra yang terlalu kecil membuat payudara menjadi sesak dan memberikan efek tidak baik pada lingkar payudara, dan ada Function atau fungsi yaitu pilihlah bra sesuai dengan fungsinya sehingga selalu nyaman digunakan karena terdapat berbagai tipe bra dengan fungsi yang berbeda misalnya bra yang cocok digunakan pada saat olahraga berbeda dengan bra yang digunakan pada sehari-hari.


Luludi Team

Berikut tadi adalah uraian mengenai arisan pintar, kegiatan arisan pintar diterapkan pada Komunitas Perempuan PCP, dengan mengusung tema yang dibutuhkan perempuan dalam peranannya dalam keluarga, kehidupan sosial dan karir.

Ditulis oleh Rosabella Aryani,  IWITA - Indonesian Women IT Awareness

0 komentar:

Posting Komentar