Kamis, 11 Juni 2015

PERSONAL BRANDING, perlukah seseorang membangun Citradiri nya?

Bagaimana membangun Personal Brand menjadi CEMERLANG?

Personal Branding bukan hanya untuk ARTIS dan TOKOH,
Semua orang perlu membina Personal Brand nya, termasuk Anda!
Personal Brand yang cemerlang bukan yang terkenal tetapi yang dikenal baik oleh audiencenya, dimengerti dan dipilih pada tiap kesempatan.

Amalia E. Maulana, Ph.D. menjawab semuanya dengan berbagai informasi, pengetahuan dan mengeksplorasi Personal Brand yang ada pada diri seseorang.

Melalui acara mini workshop yang diadakan pada tanggal 9 Juni 2015, sekaligus launching buku ‘Personal Branding’ yang ditulis oleh Amalia E. Maulana, Ph.D, kami diberikan beberapa informasi penting bagaimana menjadi pribadi yang Cemerlang.

Amalia E Maulana Ph.D
Semua orang perlu mengenal Personal Brand yang ada pada dirinya masing-masing. 
Personal Brand, ada yang pernah mendengar kata-kata tersebut? 
Apa itu Personal Brand? 
Personal Brand adalah nilai tersendiri yang ada pada diri kita, nilai tersebut adalah nilai yang membedakan kita dengan dengan orang lain. Personal Brand seperti memiliki kata kunci yang ada pada diri sendiri seperti “Kita adalah seorang Jurnalis”. Apa yang membedakan kita sebagai jurnalis dengan jurnalis yang lainnya? Dan sebagai contoh menurut orang lain kita adalah orang yang supel dan penuh kreatifitas. Namun jika ditelusuri lebih luas, orang yang supel dan penuh kreatifitas bukan hanya diri kita saja namun banyak orang lain yang memiliki predikat itu. Dalam diri setiap orang masing-masing mempunyai nilai positif dan negatif. Nilai positif tersebutlah yang akan menjadi Personal Brand dari diri kita sendiri, namum nilai positif menurut kita sendiri tersebut apakah sama dengan pemikiran orang lain mengenai nilai positif yang ada di diri kita? Jawabannya adalah belum tentu sama.

Coba pikirkan, apakah nilai positif menurut Anda yang melekat pada diri Anda apakah dapat menjadi Personal Brand yang dapat melekat juga kepada orang lain tentang pemikirannya mengenai Anda. Kata kunci dari Personal Brand Anda dapat ditemukan dengan mengeksplorasi dan mengenal potensi diri apa yang menjadi kekuatan kita untuk dikembangkan dan apa yang akan menjadi ciri khusus dari diri sendiri sehingga tahu apa yang menjadi Personal Brand diri kita sendiri yang membedakan dengan lainnya untuk menjadi ‘satu-satunya’ diantara yang lain.

Setelah mengevaluasi untuk mencari tahu seperti apakah kita dan siapakah kita dan menemukan apa yang menjadi Personal Brand pada diri kita, pikirkanlah seberapa kuat Personal Brand yang kita miliki dan apakah kita dapat menjadi pilihan diantara orang-orang yang telah terpilih? Maka dibutuhkan juga Co Branding yaitu brand diri sendiri dan stakeholder yang lain seperti keluarga, organisasi, perusahaan, tempat kuliah dan lainnya karna diri kita adalah bagian dari stakeholder tersebut dan stakeholder akan menjadi nilai tambah pada personal brand diri sendiri. 

Strong brand, apakah Strong Brand itu? Strong Brand itu Brand yang selalu melekat bukan yang baru dikenal tetapi telah dikenal sejak lama namun tetap menjadi pilihan dan terus dipilih untuk menjadi brand yang paling unggul dibanding brand lainnya. Untuk menjadi Stong Brand, tidak instan dan melalui proses dan ujian/tantangan. Jika kita memiliki strong Personal Brand maka otomatis kita memiliki Brand Guardian. Brand Guardian adalah pihak lain yang akan membela kita dikala kita mendapatkan tantangan/ujian. Sebagai contoh fenomena #saveahok. Itulah yang disebut Brand Guardian, dimana Personal Brand Ahok banyak dibela orang lain, merekalah soulmate brand personal Ahok. 

Jadi Brand Personal bukan dilihat dari tampilan fisik seseorang, bukan dilihat dari brand tas, sepatu atau pakaian yang  dipakai, namun dilihat dari nilai positif dari citradiri seseorang. Orang-orang yang memilih kita sebagai Brand dari Brand Lainnya yang nantinya akan menjadi soulmate kita untuk terus memilih kita sebagai Personal Brand yang lebih unggul. Selalu mendapatkan kesempatan pertama untuk selalu dipilih berarti kita sukses membangun Personal Brand yang Cemerlang.

Ingin tau bagaimana Brand Personal seseorang pertama sekali ialah dengan menggunakan Search Engine. Tinggal ketik nama seseorang maka muncul beberapa gambar atau tulisan sesuai namanya. Ada kalanya menggunakan Search Engine, tidak sesuai dengan siapa sebenarnya diri seseorang karena kesamaan nama. Maka lakukanlah tips yang ada dibuku ‘Personal Branding’ sehingga seseorang bisa menciptakan personal brand yang positif dan cemerlang untuk mendukung karir dan kehidupan yang lebih baik.


 Penulis: Rosabella Aryani, IWITA – Indonesian Women IT Awareness

0 komentar:

Posting Komentar